cara menyimpan data di google drive


Sebetulnya cara untuk menyimpan data ataupun file di Google Drive tidak jauh berbeda dengan backup data di penyimpanan online lainnya seperti DropBox dan OneDrive.

Anda hanya butuh beberapa langkah sederhana untuk menyimpan sebuah data pada Google Drive. Namun, ada beberapa tips agar data yang Anda simpan di layanan penyimpanan online lebih aman. 

Bagaimana cara menyimpan data yang aman di penyimpanan online termasuk pada Google Drive? Lihat caranya dalam artikel ini.


Cara Menyimpan Data di Google Drive secara Aman


Google Drive adalah layanan penyimpanan online yang disediakan oleh Google, dan terintegrasi dengan layanan lainnya seperti Gmail. Oleh karena itu, untuk bisa menggunakan layanan ini Anda hanya butuh satu akun Google saja.

Langkah ke 1

Silahkan Anda akses Google Drive, bisa lewat komputer ataupun lewat aplikasi diperangkat Android dan iPhone.

Langkah ke 2

Siapkan data atau file yang akan disimpan ke Google Drive.

Langkah ke 3

Pada Google Drive, pilih MyDrive dan cari data yang akan disimpan tadi > kemudian klik Open.

Langkah ke 4

Tunggu hingga proses upload data ke Google Drive selesai. Jika ukuran file atau data besar maka butuh waktu yang cukup lama untuk mengunggahnya.

Setelah data selesai di unggah ke Drive, maka otomatis file Anda tersimpan di penyimpanan online milik Google tersebut. 

Yang perlu Anda ingat bahwa, data maksimal yang bisa disimpan pada akun Google Drive Free adalah 5 GB. Jika Anda membutuhkan space memori yang lebih banyak maka bisa berlangganan dengan biaya yang cukup murah.


Tips Agar Data yang tersimpan di Penyimpanan Online Aman


Tidak ada suatu sistem yang betul-betul aman baik yang online ataupun yang offline termasuk Google Drive. Mengusahakan berbagai cara untuk mengamankan data Anda sendiri adalah langkah terbaik untuk melindungi data pribadi Anda.


Gunakan otentikasi dua faktor pada akun Google Anda


Metode ini juga sangat direkomendasikan oleh Google sendiri. Otentikasi dua faktor merupakan model keamanan yang menyinkronkan antara akun Google dengan nomor telpon Anda.

Setiap Anda login akun Google maka Anda akan menerima SMS konfirmasi bahwa itu adalah Anda yang login. Ini dapat menghindari pencurian akun termasuk data yang Anda simpan di Google Drive.


Gunakan kata sandi pada file dan data


Tips keamanan ini juga sangat penting dilakukan. Kuncilah file ataupun data Anda dengan kata sandi yang kuat, sehingga data yang disimpan pada penyimpanan online lebih aman.

Saat ini hampir setiap software pengolah dokumen mendukung penggunakan password untuk mengunci file yang dibuat agar tetap aman.

Jika data yang Anda simpan dalam bentuk folder, maka Anda bisa menguncinya menggunakan software kompresi seperti WinRar ataupun WinZip.

Dengan langkah-langkah seperti di atas, Anda bisa menyimpan data penting di Google Drive secara aman. Sewaktu-waktu data tersebut Anda butuhkan, maka bisa Anda unduh lewat berbagai perangkat seperti ponsel, tablet, ataupun lewat komputer.


Baca juga informasi terkait Google Drive lainnya: