Google Drive: Pengertian, Fungsinya, & Cara Membuatnya - ANGOPS

Google Drive: Pengertian, Fungsinya, & Cara Membuatnya

google-drive-adalah
Pengertian Google Drive, Fungsi dan Cara Membuatnya, bisa Anda temukan dalam panduan ini.


Pengertian Google Drive


Google Drive adalah penyimpanan online dari Google yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data dan file.

Google Drive diluncurkan pada bulan April 2012, dan saat ini telah tersedia untuk pengguna Windows, Android, dan iOS. Untuk bisa menikmati layanan ini Anda hanya perlu menggunakan akun email Google saja dan menautkannya ke Google Drive.


Apa kegunaan Google Drive?


Aplikasi Goole Drive merupakan layanan berbasis online yang disedikan oleh Google untuk berbagai macam keperluan. Anda bisa mengunggah (upload) dan mengunduh (download) file, baik video, musik, gambar, dokumen dengan berbagai format seperti pdf, word, exel, dan data lainnya.

Pada Google Drive Android dapat digunakan untuk memindai dokumen dengan smartphone atau kamera tablet dan menyimpannya ke cloud.

Selain aplikasi Android dan iOS, ada juga program Google Drive resmi untuk komputer Windows dan Mac yang dapat digunakan untuk mengakses file dan menyinkronkan dokumen lokal ke cloud.


Bagaimana cara membuat akun Google Drive?


Sebetulnya jika Anda sudah memiliki email dari Google, maka secara otomatis Anda bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan oleh Google. Baik itu Gmail, Youtube, Google Play, dan termasuk Google Drive.

Anda hanya perlu memasukan akun Gmail untuk mengakses Goole Drive. Namun jika Anda belum punya email dari Google atau Gmail, maka bisa ikuti langkah dibawah ini untuk mendaftar:


  1. Buka link untuk membuat akun Google / gmail di sini.
  2. Isi nama Anda, dan informasi yang dibutuhkan pada kolom pendaftaran akun tersebut.
  3. Klik Berikutnya (tombol warna biru)
    cara-membuat-google-drive
  4. Selanjutnya masukan informasi tentang nomor telepon, alamat, dan tanggal lahir anda pada kolom isian. Klik berikutnya untuk melanjutkan, dan ikuti prosesnya sampai Anda mendapatkan SMS konfirmasi ke nomor telpon yang telah didaftarkan tadi.
  5. Selasai.


Untuk masuk ke Google Drive juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukan alamat gmail dan passwordnya ke halaman Google Drive.


Berapa banyak kapasitas penyimpanan Google Drive?


Terdapat dua versi Google Drive bila berbicara mengenai volume penyimpanan, versi free atau gratis dan yang berbayar.

Untuk yang gratis Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 giga byte, sedangkan untuk yang berbayar mulai dari 100 giga byte hingga mencapai 30 tera byte dengan biaya bulanan atau tahunan.


Penyimpanan Online Alternatif Google Drive?


Terdapat banyak solusi penyimpanan online (cloud) yang tersedia dan bahkan bisa digunakan gratis dengan kapasitas penyimpanan yang cukup. Bisa digunakan untuk penyimpanan data pribadi dan data profesional, beberapa alternatif itu adalah Dropbox, Microsoft OneDrive, dan Apple iCloud.

Nah itulang pengertian dari Google Drive dan fungsinya yang bisa digunakan untuk penyimpanan online. Berbagai jenis data dan file penting bisa kamu simpan di Google Drive untuk cadaangan atau backup jika suatu saat dibutuhkan.



Share this article

Silakan tulis komentar Anda