Cara berbagi kalender Google dengan orang lain - ANGOPS

Cara berbagi kalender Google dengan orang lain

Bagi pengguna layanan Google, berbagi kalender Google dapat menjadi solusi mudah untuk menemukan waktu dan tanggal yang tepat saat akan melakukan kerjasama, meeting kerja, atau lainnya dengan banyak pihak.

Anda tidak perlu bolak-balik melakukan penjadualan melalui email karena bentrok dengan jadual pihak lain. Anda cukup membagikan jadual kegiatan di Google kalender anda ke pihak lain, sehingga mereka dapat menyesuaikan waktu yang sesuai dengan anda.


# Cara berbagi kalender Google dengan orang lain


Syarat untuk mengikuti panduan ini adalah semua pihak harus memiliki akun Google dan Gmail. Berikut cara membagikan jadual anda melalui Google kalender.

1. Akses kalender anda di komputer atau laptop melalui calendar.google.com

2. Klik ikon tiga titik vertikal disebelah kalender yang ingin anda bagikan.

cara-berbagi-kalender-google

3. Klik "Settings and sharing".

share-google-calendar

4. Periksa zona waktu anda, pastikan sudah benar agar waktu transfer akurat.

google-calendar

5. Gulir ke bawah sampai anda menemukan "Share with specific people", klik tombol "Add people" dan masukan alamat email orang yang anda inginkan.

google-agenda


6. Setelah memasukan email yang anda inginkan untuk berbagi kalender, pada bagian "Permissions" pilih pengaturan kontrol yang anda inginkan. Terdapat empat kontrol yang dapat anda berikan saat berbagi kalender, yaitu:

  • See only free/busy (hide details)
  • See all event details
  • Make changes to events
  • Make changes and manage sharing

6. Terakhir klik tombol "Send" untuk membagikan kalender Google Anda.

Catatan: Saat berbagi kalender dengan orang lain, mereka tidak akan melihat apa yang anda bagikan di kalender mereka sampai mengklik tautan di Gmail yang dibuat otomatis setelah Anda mengirim Google kalender Anda.


Baca juga:


Share this article

Silakan tulis komentar Anda