20 Fitur Tersembunyi iOS 15 yang Perlu di Ketahui - ANGOPS

20 Fitur Tersembunyi iOS 15 yang Perlu di Ketahui

fitur-tersembunyi-ios-15


iOS 15 bukan hanya tentang peningkatan FaceTime dan Live Text saja, banyak fitur tersembunyi iOS 15 masih belum diketahui banyak pengguna. Angopscom telah merangkum beberapa fitur tersembunyi iOS 15 yang menarik dari berbagai sumber untuk memudahkan Anda memaksimalkan kinerja iPhone Anda. Berikut ulasan selengkapnya.


20 Fitur Tersembunyi iOS 15 Terbaik yang perlu Anda ketahui


1. Seret Dan Jatuhkan

Banyak pengguna yang masih belum mengetahui bahwa iOS 15 memiliki fitur drag and drop baru. Fitur-fitur ini dapat berupa pengguna menyeret dan menjatuhkan teks, gambar, tautan, atau file dari aplikasi apa pun untuk dipindahkan ke seluruh aplikasi. 

2. Aktifkan Saran Widget 

Seperti di iOS 14, Apple memperkenalkan widget untuk membuat acara layar beranda menjadi lebih baik. Apple meningkatkan fitur yang sama di iOS 15 dengan menambahkan saran widget ke menu tumpukan widget. 

Sistem akan menampilkan saran widget di bagian atas berdasarkan aplikasi yang berguna di beberapa tumpukan widget. Anda perlu menekan lama pada widget dan kemudian memilih Edit Stack dan mengaktifkan Saran Widget (Widget Suggestion). 

3. Atur Wallpaper Favorit Di Safari

Apple sepenuhnya meningkatkan aplikasi Safari di iOS 15. Seiring dengan fungsi lainnya, juga telah ditambahkan opsi baru untuk menerapkan wallpaper di latar belakang Safari sesuai pilihan Anda. Anda dapat mengetuk Edit di bagian bawah, aktifkan sakelar Gambar latar belakang (Background image ON) dan pilih gambar. 

4. Mode Fokus Kustom

Untuk membuat mode DND lebih baik dan lebih bermanfaat, Apple memperkenalkan Mode Fokus baru di iOS 15. Dengan bantuan fitur ini, Anda dapat memilih dan menyesuaikan lokasi berbasis notifikasi seperti saat di Kantor, Rumah, Gym, Kelas, dll. Banyak defaultnya yang dapat Anda pilih dan juga membuat Mode Fokus khusus sesuai pilihan.

5. Pemulihan Akun dan Warisan Digital

iOS 15 juga datang dengan opsi baru untuk memulihkan kontak dengan ID Apple, menggunakan bantuan seseorang yang Anda percayai dan mendapatkan akses kembali ke akun Anda (Account Recovery). Dan fitur Digital Legacy adalah fitur baru jika pengguna Apple meninggal dunia, dan setelah itu, siapa yang akan bisa mendapatkan akses ke akun setelah kematian pengguna.

6. Lebih Banyak Penyimpanan iCloud Gratis

Mulai sekarang, Apple akan memberi Anda Penyimpanan iCloud tanpa batas saat Anda pindah ke Perangkat Apple baru dan membutuhkan Penyimpanan untuk mengambil cadangan iCloud.

7. Hapus Aplikasi Dari Pencarian Spotlight

Ketika Anda tidak dapat menemukan aplikasi apa pun dari layar beranda, Anda bisa menggunakan pencarian Spotlight untuk mendapatkannya. Tapi itu terbatas untuk mencari dan meluncurkan aplikasi. Tetapi di iOS 15, Pencarian Spotlight ditingkatkan dan memiliki fungsi baru untuk Menghapus aplikasi langsung dari Pencarian Spotlight.

8. Ubah Ukuran Teks Per Aplikasi

iOS 15 memiliki opsi baru di Pusat Kontrol untuk menyesuaikan ukuran teks aplikasi tertentu dengan satu ketukan. Anda cukup meluncurkan Pusat Kontrol dan mengetuk tombol ukuran teks baru untuk menyesuaikan ukuran teks.

9. Pengingat Daftar Cerdas 

Ada Smart List baru di bagian Pengingat. Pengguna dapat membuat daftar dan mengubahnya menjadi jadual kerja yang menarik dengan mengatur bendera, prioritas, tanggal, dan waktu. Setiap kali kami membuat tugas atau pengingat yang memenuhi persyaratan tambahan di Smart List belanjaan, itu akan secara otomatis ditambahkan ke daftar belanjaan di aplikasi Reminder.

10. Periksa Detail Gambar EXIF

Tidak ada opsi bagi pengguna untuk memeriksa detail gambar apa pun dari aplikasi Foto hingga sekarang. Tetapi iOS 15 menambahkan fitur yang berguna untuk memeriksa detail gambar bersama dengan detail gambar dalam lainnya seperti MP kamera, resolusi, ukuran gambar, ISO, kecepatan pengambilan, aperture, dan lokasi yang dilampirkan pada foto. Pengguna perlu membuka gambar dan mengetuk ikon "i" di bagian bawah.

11. Aktifkan Relay Pribadi

Private Relay adalah layanan VPN yang dapat diaktifkan untuk menyembunyikan alamat IP dan aktivitas penjelajahan Safari dari penyedia jaringan dan situs web. Anda dapat menemukan opsi ini di bagian bawah iCloud. Banyak pengguna dapat menghadapi Safari yang tidak berfungsi di iOS 15 karena fitur ini. Kami menyarankan Anda untuk mematikannya untuk penjelajahan yang lebih baik.

12. Buat Tab Grup Safari

Fitur tersembunyi iOS 15 ini dikloning dari browser Edge Microsoft. Mulai sekarang, pengguna iPhone dapat membuat grup tertentu yang berisi halaman web dan memberinya nama yang relevan, sehingga setiap tab mudah untuk di kelola dengan efektif, dan Anda bisa meluncurkan setiap halaman dengan satu ketukan. Pengguna perlu mengetuk menu Tabs di bagian bawah, pilih New Tab Gorup dari opsi x Tab, dan beri nama sesuai keperluan Anda.

13. Hapus Halaman Layar Beranda

Pada iOS 14, Apple menambahkan fitur untuk menyembunyikan beberapa halaman layar beranda. Dan sekarang iOS 15 menambahkan lebih banyak opsi untuk menghapus halaman layar beranda secara penuh. Untuk melakukannya Anda perlu menekan lama ruang kosong apa pun dari layar beranda iPhone, ketuk deretan titik, dan hapus centang pada halaman yang ingin Anda inginkan dan ketuk tanda minus "-" untuk menghapusnya.

14. Teks Langsung dari Kamera di Safari

Menyalin teks dari kamera iPhone sekarang menjadi mudah dengan bantuan Text Live iOS 15 yang baru. Pengguna cukup membuka aplikasi Safari, mengetuk bilah Alamat, dan memilih Text from Camera untuk memindai alamat situs web. Selanjutnya halaman situs web di Safari akan terbukan secara otomatis.

15. Efek Video dan Audio Baru

Apple menambahkan efek Video dan Audio baru untuk semua aplikasi panggilan video di iOS 15. Saat panggilan video aktif, pengguna dapat membuka pusat kendali dan mengelola efek video dan audio dari opsi teratas.

16. Gesek untuk menyegarkan Safari

Seperti browser Google Chrome, pengguna iOS 15 cukup me-refresh halaman di Safari hanya dengan menarik halaman dari atas ke bawah. Anda perlu menyeret halaman ke bawah hingga Anda melihat roda pemuatan (loading wheel)untuk menyegarkan halaman web. 

17. Akses Pencarian Spotlight Dari Layar Kunci

Pencarian Spotlight juga diperbarui dengan fitur baru untuk langsung menggunakan Pencarian Spotlight meskipun iPhone terkunci bersama dengan pencarian kaya dan pencarian foto. Pengguna dapat dengan cepat membuka aplikasi apa pun dari layar kunci iPhone dengan bantuan Spotlight Search. Pengguna perlu menggesek layar kunci ke bawah untuk mengakses Spotlight.

18. Email Langsung Dari Kamera

Dengan bantuan fitur Live Text iOS 15, Anda dapat langsung memindai Email apa pun dari Kamera dan mengirim email tanpa mengetik satu kata pun. 

19. Beri Tahu Saat Tertinggal Opsi Untuk AirTag

Pada waktu sebelumnya, Apple meluncurkan AirTag untuk melacak item penting. Dan sekarang iOS 15 menambahkan opsi baru, yang dapat membantu pengguna memilih yang penting jika mereka lupa. Selain itu, ada opsi baru bernama Notify When Left Behind; jika opsi ini diaktifkan, iPhone Anda akan memberi tahu Anda bahwa Anda meninggalkan sesuatu.

20. Mudah Dipindahkan Ke iPhone Baru

Misalkan ada iPhone yang menjalankan iOS 15 dan berencana untuk pindah ke iPhone baru. Dalam hal ini, Apple akan memberikan Penyimpanan sementara selama tiga minggu untuk menyimpan data Anda ke iCloud sehingga Anda dapat dengan mudah pindah ke iPhone baru tanpa kehilangan data penting Anda. Pertama, pengguna harus pergi ke Pengaturan Ulang (Reset Settings) dan kemudian buka Siapkan Untuk iPhone Baru (Prepare For New iPhone). 

Apa Fitur Favorit Anda?

Ini adalah beberapa spesifikasi tersembunyi iOS 15 yang dapat angopscom sampaikan untuk Anda pengguna iPhone. Jika Anda telah mencoba iOS 15 juga di iPhone Anda dan menemukan item tersembunyi lainnya, maka Anda dapat membagikannya kepada kami di kolom komentar. 


Share this article

Silakan tulis komentar Anda