SDD Adalah Media Penyimpanan Yang Lebih Canggih Dari HDD? - ANGOPS

SDD Adalah Media Penyimpanan Yang Lebih Canggih Dari HDD?

SSD adalah jenis perangkat penyimpanan massal yang mirip dengan hard disk drive (HDD), dan merupakan kepanjangan dari "Solid State Drive."



SSD dapat membaca dan menulis data, serta memelihara data yang disimpan dalam keadaan permanen bahkan tanpa daya. SSD internal terhubung ke komputer seperti hard drive, menggunakan koneksi IDE atau SATA standar .

Fungsi dan Kemampuan SSD


Sementara SSD memiliki fungsi yang sama dengan hard drive, komponen internalnya jauh berbeda. Tidak seperti hard drive, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak (itulah sebabnya mereka disebut solid state drive). Alih-alih menyimpan data pada piringan magnetik, SSD menyimpan data menggunakan memori flash .

Karena SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, mereka tidak perlu "berputar" saat dalam kondisi tidur dan mereka tidak perlu menggerakkan kepala drive ke bagian drive yang berbeda untuk mengakses data. Oleh karena itu, SSD dapat mengakses data lebih cepat dari HDD.

Keunggulan SSD di banding HDD


SSD juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan hard drive. Misalnya, kinerja baca hard drive menurun ketika data terfragmentasi, atau dipecah menjadi beberapa lokasi pada disk. Kinerja baca SSD tidak berkurang berdasarkan tempat data disimpan di drive. Karena itu defragmenting SSD tidak diperlukan. Karena SSD tidak menyimpan data secara magnetis, SSD tidak rentan terhadap kehilangan data karena medan magnet yang kuat di dekat drive.

Selain itu, karena SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, kemungkinan kerusakan mekanis jauh lebih kecil. SSD juga lebih ringan, lebih tenang, dan menggunakan daya lebih kecil dari hard drive. Inilah sebabnya mengapa SSD telah menjadi pilihan populer untuk komputer laptop.

Kelemahan SSD


Sementara SSD memiliki banyak keunggulan dibandingkan HDD, penyimpanan ini juga memiliki beberapa kelemahan. Karena teknologi SSD jauh lebih baru daripada teknologi hard drive tradisional, harga SSD jauh lebih tinggi. Pada awal 2011, biaya SSD sekitar 10 kali lipat per gigabyte daripada hard drive. Oleh karena itu, sebagian besar drive SSD yang dijual saat ini memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil daripada hard drive yang sebanding.

SSD juga memiliki jumlah "siklus tulis" terbatas, yang dapat menyebabkan kinerjanya menurun seiring waktu. Untungnya, SSD yang lebih baru telah meningkatkan keandalan dan akan bertahan beberapa tahun sebelum penurunan kinerja terlihat. Saat teknologi SSD membaik dan harganya terus turun, kemungkinan solid state drive akan mulai menggantikan hard disk drive untuk sebagian besar tujuan.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda