Menurut Alexa, YouTube adalah halaman ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet yang berarti mungkin Anda juga pernah mengunjungi YouTube walau sekedar untuk nonton video atau mendengarkan musik. Dan kali ini Angops akan membagikan kiat dan trik yang bisa membantu menjadikan pengalaman Anda lebih menyenangkan dan jika mungkin, produktif saat menggunakan YouTube.


1. Pintasan keyboard YouTube


YouTube memiliki beberapa pintasan keyboard yang dapat digunakan saat menonton video YouTube. Pintasan keyboard seperti menekan tombol spasi untuk memutar (play) dan menjeda (paused), atau menggunakan tombol panah untuk memajukan dan memundurkan dengan cepat dapat membuat perbedaan besar saat di YouTube.

Lihat daftar pintasan keyboard YouTube selengkapnya.


2. Bagikan video berdasarkan waktu putar


Saat membagikan video YouTube ke teman atau saudara, terkadang mereka tidak ingin menonton video secara keseluruhan. Untuk itu, bagikan video dibagian yang penting atau seru saja dengan cara klik kanan video pada bagian yang menarik, kemudian pilih Copy video URL at current time.

tips-dan-trik-youtube


Atau, Anda dapat menambahkan waktu secara manual dengan menambahkan "# t = XXmXXs" di akhir URL, di mana XXm adalah menit, dan XXs adalah detik ke dalam video yang ingin Anda mulai. Sebagai contoh:

https://www.youtube.com/watch?v=5LGbt4gVqY8

akan menjadi

https://www.youtube.com/watch?v=5LGbt4gVqY8#t=22s

untuk menautkan ke video 22 detik ke dalam video. Jika Anda ingin menautkan 3 menit dan 20 detik ke dalam video, tambahkan # t3m20s ke akhir URL. Atau, Anda hanya dapat menggunakan detik, jadi 3*60 (detik dalam satu menit) = 180 + 20 = 260 detik selama 3 menit dan 20 detik ke dalam video.


3. Cara mengetahui video atau musik yang trending di YouTube


YouTube dapat menjadi tempat yang tepat untuk menemukan video paling populer karena popularitasnya. Kunjungi YouTube Trending untuk menemukan video populer terbaru, video musik yang baru saja dirilis, video lucu teratas, trailer film terbaru, acara, dan banyak lagi.

4. Tambahkan video ke Watch later / Tonton Nanti


Terkadang Anda mungkin tidak punya waktu untuk menonton video atau mungkin tidak merasa ingin menonton video berdurasi panjang saat ini. Di sudut kanan bawah setiap video terdapat ikon Save > kemudian klik Watch later yang akan menambahkan video ke daftar tonton nanti.

watch-later-youtube


Setelah Anda punya waktu luang untuk menonton video, atau jika Anda menyimpan video untuk dibagikan kepada orang lain, Anda dapat menemukan video itu di daftar Watch later atau tonton nanti. Anda harus login YouTube dengan Gmail untuk bisa melakukan trik ini.


5. Tonton video YouTube Live / Siaran langsung YouTube


Saat ini YouTube mendukung siaran langsung atau sering disebut YouTube Live, jika seperti Insta Story di Instagram atau Cerita di Facebook. Untuk melihat siarang langsu video YouTube Anda bisa mengunjungi https://www.youtube.com/live, ada berbagai siaran langsung dari berbagai chanel siaran.


6. Manfaatkan tools YouTube


Tidak banyak orang tahu bahwa YouTube juga memiliki beberapa Tools YouTube bermanfaat yang sangat membantu saat pengguna membuat konten baru.

Misalnya, editor YouTube memungkinkan Anda untuk mengedit video yang diunggah, membuat video, dan menyesuaikan pengaturan seperti kecerahan dan kontras, menggeser dan memperbesar, menstabilkan, gerakan lambat, dan rotasi video. Alat lain termasuk pembuat tayangan slide, tangkapan layar YouTube, membuat captions / keterangan, pustaka audio, dan analitik YouTube.


7. Filter pencarian YouTube


Gunakan filter pencarian di YouTube untuk hasil pencarian yang lebih akurat, bisa berdasarkan waktu upload video ke YouTube, panjang video, jumlah views, dan kriteria lainnya.

tips-youtube-agar-lebih-produktif


8. Bypass batasan YouTube


Tidak semua video bisa diputar disemua perangkat, di negara tertenu, atau batasan lain yang membatasi Anda memutar video. Anda bisa melewati batasan itu dengan trik berikut ini.

Ubah URL video YouTube seperti contoh berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=EkHTsc9PU2A

jadi seperti di bawah ini.

https://www.youtube.com/v/EkHTsc9PU2A

Video akan diputar dalam mode fullscreen, namun ini akan mengabaikan berbagai batasan yang diberlakukan YouTube sehingga Anda bisa menontonnya.


9. Cara alternatif untuk menonton YouTube


Ada banyak cara untuk menonton YouTube saat ini. Kebanyakan Smart TV sudah memiliki aplikasi yang memungkinkan Anda menonton video YouTube di TV menggunakan remote Anda. Bagi Anda yang tidak memiliki Smart TV atau memiliki Smart TV tapi malas mengetik video yang ingin ditonton lewat remote TV maka bisa menggunakan Google Chromecast.

Chromecast memungkinkan Anda atau siapa pun dengan ponsel cerdas atau laptop untuk menyambungkan video YouTube ke TV Anda dengan mengklik satu tombol. Chromecast adalah solusi termudah untuk melakukan streaming video ke TV Anda, dan Anda dapat mengetik di ponsel atau PC atau menggunakan suara untuk mencari video ingin ditonton.