5 Aplikasi Split Screen untuk Laptop Windows & Mac OS - ANGOPS

5 Aplikasi Split Screen untuk Laptop Windows & Mac OS

Bagaimana cara membagi layar laptop menjadi dua atau lebih di Windows dan macOS, untuk meningkatkan produktivitas Anda saat menggunakan komputer?

Sebenarny untuk komputer Windows 10 dan macOSX sudah memiliki fitur split screen yang bisa membagi komputer mejadi dua bagian. Tapi untuk membagi layar menjadi tiga atau lebih Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya, apa saja aplikasi split screen tersebut?

Daftar aplikasi split screen Windows dan MacOSX


Berikut ini adalah kumpulan berbagai software untuk membagi layar komputer (split screen) menjadi beberapa bagian yang bisa Anda coba gunakan, sebagian ada yang gratis dan berbayar.

↓ 01 - WindowGrid | Gratis | Windows


aplikasi-split-screen-windowsgrid


WindowGrid merupakan software manajemen jendela modern yang memungkinkan pengguna untuk menata jendela program yang sedang aktif di PC Windows secara dinamis dengan cepat dan mudah. WindowGrid memberikan fungsionalitas pada tombol kanan mouse yang biasanya tidak berguna saat memindahkan jendela. Melakukan ini akan mengaktifkan mode snap jaringan.

↓ 02 - Spectacle | Gratis | macOS

cara-split-screen-laptop-mac


Dengan Spectacle Anda dapat melihat banyak dokumen secara berdampingan di MacOS, memindahkan jendela program ke tampilan lain, atau bahkan memfokuskan perhatian penuh Anda pada satu tugas. Memindahkan dan mengubah ukuran jendela program yang sedang aktif dengan mudah. Kontrol jendela dengan pintasan keyboard yang sederhana dan dapat disesuaikan.

↓ 03 - AltDrag | Gratis | Windows

software-split-screen-altdrag


AltDrag memberi Anda kemampuan untuk memindahkan dan mengubah ukuran layar komputer dengan cara baru. Setelah mejalankan program AltDrag, Anda cukup tahan tombol Alt lalu klik dan seret jendela mana pun. Fitur ini sudah ada di sistem Linux, macOS dan Windows 10. Dan dibuat juga untuk bisa berjalan di versi Windows lama.

↓ 04 – GridMove | Gratis | Windows


cara-membagi-layar-menjadi-2


Yang kedua adalah GridMove, yaitu program yang bertujuan membuat manajemen windows lebih mudah. Dengan software ini, melakukan snap layar Windows menjadi lebih mudah dilakukan.

Anda bisa membagi screen laptop menjadi beberapa bagian, mengubah ukuran jendela, menampilkan jendela program di mosaik, di layar bagian atas atau bawah, dengan mudah cukup dengan drag dan drop saja.

↓ 05 - Aquasnap | Personal Gratis | USD18 Pro

aplikasi-split-screen-windows-dan-mac


Aquasnap merupakan aplikasi pengelola jendela tangguh yang bisa membantu menghandle dan mengatur banyak aplikasi di desktop Anda dengan upaya minimal. Ini memungkinkan Anda mencapai multitasking maksimum, terutama jika Anda memiliki monitor resolusi tinggi atau pengaturan multi-monitor.

Seret dan jatuhkan jendela program yang sedang aktif ke sisi atau sudut layar, dan jendela tersebut akan secara otomatis diubah ukurannya agar sesuai dengan setengah atau seperempat layar. Fitur ini seperti fungsi Aero Snap bawaan Windows 10, tetapi dengan lebih banyak fitur! Ini sangat berguna pada monitor 4K atau banyak monitor.



Share this article

Silakan tulis komentar Anda