10 Pintasan keyboard komputer yang wajib diketahu - ANGOPS

10 Pintasan keyboard komputer yang wajib diketahu

10-pintasan-keyboard-komputer-yang-wajib-dikuasai


Menggunakan pintasan keyboard dapat sangat meningkatkan produktivitas Anda, mengurangi ketegangan karena mengerjakan perintah secara berulang, dan membantu Anda tetap fokus.

Misalnya, untuk menyalin teks, bisa dengan meblok teks dan menekan pintasan [Ctrl] + [C]. Menggunakan pintasan keyboard bisa lebih cepat daripada memindahkan tangan Anda dari keyboard, menyorot dengan mouse, memilih Copy dari menu file, dan kemudian kembali ke keyboard.

Kumpulan kombinasi keyboard yang penting di ketahui semua pengguna komputer


Di bawah ini adalah 10 pintasan keyboard yang paling sering digunakan dan paling bermanfaat untuk diketahui.

#1 Pintasan keyboard untuk Copy atau menyalin item dan teks


Gunakan kombinasi tombol [Ctrl] + [C] atau [Ctrl] + [Insert] di keyboard Anda, ini akan menyalin teks atau item yang Anda inginkan. Sorot atau blok teks yang dinginkan kemudian tekan pintasan copy tersebut.

#2 Pintasan keyboard untuk Cut atau memotong item dan teks


Gunakan kombinasi tombol [Ctrl] + [X] di keyboard, perintah ini akan memotong teks atau item yang di sorot. Item dan teks setelah di potong maka akan terhapus, berbeda dengan perintah Copy item dan teks tetap ada atau tidak terhapus.

Pengguna komputer Apple dapat mengganti tombol [Ctrl] dengan tombol [Command], misalnya [Command] + [C] atau [Command] + [X] untuk menyalin dan memotong teks atau item.

#3 Pintasan keyboard untuk Paste atau menyisipkan / menempelkan


Untuk menyisipkan teks atau item yang telah Anda copy atau salin, dan yang sudah di Cut, bisa menggunakan kombinasi tombol [Ctrl] + [V] atau [Shift] + [Insert] pada keyboard. Kedua pintasan tersebut akan menyisipkan teks atau objek yang disimpan dalam clipboard .

Di komputer Apple, gunakan [Command] + [V] sebagai gantinya.

#4 Pintasan keyboard untuk membatalkan perubahan dan undo


Untuk membatalkan perubahan apa pun, gunakan kombinasi tombol [Ctrl] + [Z]. Misalnya, jika Anda memotong teks, menekan kombinasi tombol ini akan membatalkan pemotongan.

Sedangkan untuk perintah undo atau kembalikan perubahan ke satu tahap sebelumnya (mengulang) menggunakan kombinasi tombol [Ctrl] + [Y].

Anda bisa menekan kombinasi [Ctrl] + [Z] beberapa kali, untuk membatalkan beberapa perubahan yang sudah dilakukan. Begitu juga dengan pintasan undo.

#5 Membuka Find atau temukan teks


Menekan [Ctrl] + [F] akan membuka kolom Find, yang memungkinkan Anda untuk mencari teks yang saat ini ditampilkan di setiap program yang mendukungnya.

Misalnya, [Ctrl] + [F] dapat digunakan di browser Internet untuk menemukan teks di halaman yang sedang terbuka.

Di komputer Apple, gunakan [Cmd] + [F] untuk membuka fitur Find. Selain di browser, Anda juga bisa menggunakan fitur Find di aplikasi lain seperti Ms. Word, Excel, dan pengolah teks lainnya.

Sedangkan pintasan keyboard [Ctrl] + [G] dapat digunakan untuk mengulangi pencarian (dari penggunaan [Ctrl] + [F]) dalam dokumen atau pada halaman web.

#6 Beralih antara program yang sedang aktif secara cepat


Menekan [Alt] + [Tab] dapat digunakan untuk beralih antara program yang sedang terbuka dengan cepat dan mudah.

Misalnya, jika Anda sedang membuka beberapa program seperti Word, Chrome, dan Photoshop, maka untuk beralih dari menggunakan ketiganya bisa dengan [Alt] + [Tab]. Setelah itu akan muncul jendela kecil ditengah layar laptop Anda yang menampilkan ketiga program tersebut, tekan [Tab] untuk memilih program dan lepaskan tombol [Alt] untuk membukanya.

Di komputer Apple, gunakan [Cmd] + [Tab] untuk fungsi ini.

Sedangkan menekan [Ctrl] + [Tab] dapat digunakan untuk beralih antar tab dalam suatu program. Misalnya, jika Anda membuka beberapa tab di browser Chrome, tekan [Ctrl] + [Tab] untuk beralih dari tab satu ke tab lainnya.

[Alt] + [Tab] peralihan program bergerak ke kanan, sedangkan [Alt] + [Shit] + [Tab] peralihan program bergerak ke kiri.

Tip Bonus: Pada Windows Vista, 7, 8, dan 10 menekan tombol [Windows] + [Tab] dapat digunakan untuk beralih antar program yang sedang terbuka dalam tangkapan layar penuh dan ditampilkan di dekstop komputer Anda.

#7 Menghapus teks / kalimat secara penuh dalam satu baris


Menekan [Ctrl] + [Backspace] dapat digunakan untuk menghapus teks secara penuh sekaligus dalam satu baris, bukan karakter tunggal.

Catatan: Cara pintas berikut ini hanya untuk pengguna PC Windows saja dan tidak berfungsi di komputer Apple.

#8 Menggerakan kursor satu kata ke kanan atau ke kiri


Menekan tombol [Ctrl] sambil menekan [panah kiri] atau [panah kanan] akan memindahkan kursor satu kata pada suatu waktu, bukan satu karakter pada satu waktu.

#9 Menyorot (block) satu kata ke kiri atau ke kanan


Jika Anda ingin menyorot (block) satu kata pada satu waktu, tahan [Ctrl] + [Shift], lalu tekan tombol [panah kiri] atau [panah kanan]. Pilihan Anda yang disorot bergerak satu kata pada satu waktu ke arah itu.

#10 Save atau menyimpan dokumen / file

Saat bekerja dengan dokumen atau file apapun di hampir setiap program, menekan [Ctrl] + [S] dapat digunakan untuk melakukan penyimpanan.

Sebaiknya gunakan tombol pintas ini secara berkala jika Anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Sehingga jika terjadi kesalahan, kehilangan daya (mati lampu, dll.), atau masalah lain yang menyebabkan Anda kehilangan pekerjaan apa pun sejak penyimpanan terakhir.

Di komputer Apple, gunakan [Cmd] + [S] untuk menyimpan file.

#11 Memindahkan kursor ke awal dokumen atau ke akhir dokumen


Menekan tombol [Ctrl] + [Home] memindahkan kursor ke awal dokumen (awal tulisan), dan [Ctrl] + [End] memindahkan kursor ke akhir dokumen. Cara pintas ini berfungsi dengan sebagian besar dokumen, serta halaman web.

Pada komputer Apple, gunakan panah [Cmd] + [panah atas] untuk sampai ke awal tulisan, dan gunakan [Cmd] + [panah bawah] untuk sampai ke akhir dokumen atau teks.

#12 Menampilkan pratinjau


Menekan tombol [Ctrl] + [P] bisa digunakan untuk membuka pratinjau cetak halaman (print document) atau dokumen yang sedang dilihat. Misalnya, tekan [Ctrl] + [P] sekarang untuk melihat pratinjau cetak halaman ini.

Di komputer Apple, gunakan [Cmd] + [P] untuk membuka pratinjau cetak.

#13 Gulir ke bawah atau ke atas di halaman web


Menekan tombol [Page Up] atau [Shift] + [Spacebar] dapat digunakan untuk memindahkan bilah gulir (meng-gulir) satu tahap ke atas.

Sedangkan menekan tombol [Page Down] atau [Spacebar] dapat digunakan untuk memindahkan bilah gulir (meng-gulir) satu tahap ke bawah.

Selamat mencoba.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda