Cara deteksi jika username / akun kita diretas orang - ANGOPS

Cara deteksi jika username / akun kita diretas orang

Bagaimana cara cek kalau akun email atau akun media sosial kita telah diretas?


cara-cek-akun-yang-di-retas


Setiap hari selalu saja ada akun yang diretas, baik akun email, website, jejaring sosial, dan akun lainnya. Untuk itu, selalu gunakan metode keamanan yang terbaik untuk menjaga akun penting Anda. Mulai dari mengaktifkan firewall sistem operasi, menggunakan antivirus yang baik, dan metode ke amanan lainnya.

Cara cek akun (email, media sosial, dll) yang diretas


Ada cara untuk melihat apakah akun Anda telah diretas atau tidak dengan mudah. Yaitu cukup mengecek akun email yang Anda gunakan untuk masuk dan terhubung ke media sosial atau halaman web lain di situs Breachalarm.com.

Situs tersebut mempunyai basis data lebih dari 150 juta akun yang telah diretas dan telah dipublikasikan. Jika akun Anda telah diretas maka akan terdeteksi di basis data mereka, namun jika akun email Anda tidak terdeteksi di basis data mereka mungkin akun Anda masih aman.

Tips keamanan akun Anda dari bahaya peretasan



  1. Selalu update pasword akun secara berkala
  2. Sebaiknya gunakan nomor ponsel untuk konfirmasi keamanan, sehingga setiap saat Anda login akan ada notifikasi lewat SMS ke nomor ponsel
  3. Gunakan kata sandi yang kuat, terdiri dari kombinasi huruf besar kecil dan angka. Sebaiknya jangan gunakan sandi yang mudah ditebak seperti nama binatang kesayangan, dan lainnya.
  4. Selalui update sistem ke versi terbaru
  5. Jangan mudah klik OK, jika melihat notifikasi yang muncul di komputer, di email, atau diperangkat ponsel Anda untuk menghindari phising dan lainnya.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda