Cara Blokir Situs di Modem Indihome (Tp-Link / Huawei) - ANGOPS

Cara Blokir Situs di Modem Indihome (Tp-Link / Huawei)

Memblokir situs yang tidak di inginkan atau membahayakan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui modem. Dalam panduan ini Anda akan belajar cara blokir situs atau wesite apapun lewat modem untuk pelanggan internet Telkom Indihome atau Speedy.

Umumnya pihak Telkom menggunakan modem merek TP-Link dan Huawei untuk dipinjamkan ke pelanggan. Dan dalam panduan ini juga menggunakan modem TP-Link, jika modem yang Anda gunakan adalah merek Huawei caranya juga tidak jauh berbeda.

Cara Memblokir Situs di Modem Huawei dan TP-Link Indihome

Untuk memblokir situs lewat modem, Anda perlu mengakses modem menggunakan komputer ataupun smartphone Anda. Namun akan lebih mudah jika dilakukan menggunakan komputer atau laptop dibanding menggunakan HP. 

Ikuti langkah-langkah melakukan pemblokiran situs di modem seperti berikut:

1. Aksen modem Indihome Anda melalui browser, ketikan alamat IP modem 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 pada address bar (kolom URL). Jika Anda tidak tahu IP modem yang Anda gunakan maka bisa melihatnya langsung di bagian belakang pada fisik modem.

2. Login menggunakan akun super Andmin dengan username: admin dan password: admin.

cara-blokir-situs-di-modem-huawei-hg8245h5

3. Di halaman pengaturan modem, pilih menu Security > Firewall > URL Filtering.

4. Pada bagian firewal klik Enable dan pada URL Blacklist/Whitelist pilih Blacklist.

5. Pada bagian URL Filtering Table Anda masukan alamat url situs atau wesite yang akan diblokir lewat modem. Klik tombol Add, lalu isikan alamat url situs yang akan diblokir pada URL Address, sesuaikan pengaturan Start Time dan End Time, pilih Enable, lalu klik Apply untuk menyetujui pemblokiran situs. Lihat gambar berikut.

cara-blokir-situs-di-modem-indihome

6. Untuk menambah situs yang akan diblokir selanjutnya, Anda tinggal melakukan langkah yang sama pada bagian URL Filtering Table.

Kini situs dan website yang Anda masukan ke dalam tabel filtering pemblokiran akan dicekal dari jaringan internet Indihome Anda.

Akan ada peringatan halaman situs error saat ada yang mencoba mengakses URL yang telah diblokir tadi. Memblokir situs yang berbahaya akan dapat melindungi Anda dan keluarga saat menggunakan internet, disamping itu produktifitas juga semakin meningkat.

Dengan cara di atas Anda dapat memblokir berbagai jenis situs yang merugikan, hanya melalui menu filtering url di modem Indihome tanpa memerlukan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.


Baca juga:

Share this article

Silakan tulis komentar Anda