20/03/19

Apa itu VPN? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Anda mungkin pernah mendengar tentang VPN, tetapi ada kemungkinan besar Anda tidak menggunakan jenis layanan ini. Kami pikir Anda harus menggunakan VPN, dan Anda harus melakukannya sesegera mungkin. Anda mungkin tidak melihat nilai sebenarnya saat ini, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda cenderung mengakui bahwa VPN sama pentingnya dengan koneksi internet Anda.

Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu VPN, bagaimana VPN bekerja dan untuk apa Anda dapat menggunakannya. Baca artikel ini untuk memahami mengapa sangat penting bagi Anda untuk menggunakan layanan VPN di komputer dan perangkat Anda:

Apa itu VPN? 


Inilah definisi VPN secara sederhana.

VPN atau Virtual Private Network adalah koneksi terenkripsi yang aman ke jaringan lain daripada yang Anda gunakan, dibuat melalui internet. Ini berarti bahwa VPN memperluas jaringan pribadi di seluruh jaringan publik (dalam kasus kami, internet), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data sensitif seolah-olah komputer atau perangkat mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi, meskipun, secara fisik, mereka tidak berada di jaringan yang sama.

Informasi ini mungkin lebih mudah dicerna jika kami menunjukkan situasi kehidupan nyata. Katakanlah Anda perlu bertukar sejumlah besar informasi dengan kolega / teman dan program yang harus Anda gunakan untuk transfer data ini mensyaratkan bahwa kedua komputer Anda berada di jaringan yang sama. Sayangnya, teman / kolega Anda berada di luar kota dan tidak di depan komputernya. Solusi paling sederhana adalah Anda mengonfigurasi akses VPN ke jaringan Anda sehingga teman / kolega Anda terhubung ke jaringan Anda melalui VPN.



Dengan melakukan itu, sepertinya Anda berdua berada di jaringan lokal yang sama dan pertukaran informasi dapat diselesaikan dengan mudah. Dengan kata lain, VPN membantu Anda berpura-pura bahwa Anda berada di jaringan lokal bahkan jika Anda berdua hanya terhubung ke internet.

Bagaimana cara kerja VPN?


Untuk lebih jauh ke karakteristik VPN, mari kita bicara sedikit tentang lalu lintas internet. Ketika Anda menggunakan jaringan lokal Anda untuk mengakses berbagai layanan dari internet, sumber permintaan jaringan Anda adalah jaringan area lokal Anda (LAN). Namun, jika Anda terhubung ke VPN dan semua lalu lintas Anda melintas di sana, maka dunia luar melihat Anda sebagai bagian dari jaringan lokal VPN. Oleh karena itu, kueri sumber bukan lagi jaringan Anda, tetapi yang Anda terhubung melalui VPN. Ini berarti bahwa situs web dan jaringan lain yang Anda gunakan untuk berkomunikasi tidak lagi melihat alamat IP perangkat Anda sebagai sumber permintaan, tetapi dari VPN yang Anda gunakan.

Selain itu, ISP Anda (Penyedia Layanan Internet) hanya melihat satu koneksi: yang diatur antara Anda dan layanan VPN yang Anda gunakan, yang, tentu saja, dienkripsi. Dengan demikian, ISP Anda tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan di dalam koneksi VPN Anda, bahkan jika itu berfungsi melalui internet dan, karenanya, ia tidak dapat memantau Anda.

Namun, ada masalah: jika Anda menggunakan VPN yang servernya berada di negara Anda, yang juga menggunakan ISP yang sama, maka penyedia layanan internet mungkin melihat lalu lintas jaringan Anda. Meski begitu, itu tidak dapat menyimpulkan itu milik Anda karena asal lalu lintas ini adalah server VPN dan bukan perangkat Anda.

Dalam beberapa hal, VPN berfungsi mirip dengan proxy karena ISP Anda hanya melihat koneksi ke proxy dan server proxy adalah sumber permintaan Anda. Perbedaan utama adalah bahwa ISP Anda dapat dengan mudah melihat permintaan yang dibuat ke proxy Anda karena mereka tidak dienkripsi. Dengan kata lain, pada pencarian sederhana, semuanya masih terlihat. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang perbedaan antara menggunakan VPN dan server proxy, dalam artikel ini: Kapan menggunakan proxy dan kapan menggunakan VPN? .

Untuk membantu Anda memahami dengan lebih mudah apa yang telah kami jelaskan di atas, kami juga menawarkan dua diagram. Pertama, berikut adalah cara kerja navigasi online tanpa VPN:



Inilah cara kerjanya dengan VPN:




Dalam diagram di atas, kami telah menambahkan firewall, yang mungkin ada atau tidak ada. Namun, penting bagi kami untuk mengilustrasikan masalah lain yang mungkin beberapa di antara Anda mungkin miliki: apa yang terjadi ketika ISP, universitas, perusahaan atau pemerintah Anda memiliki firewall atau proksi yang mencegah Anda mengakses situs web tertentu. Masalah ini mudah dipecahkan dengan bantuan layanan VPN, yang memungkinkan Anda mengakses layanan online apa pun dan mengakses semua situs web, terlepas dari jaringan yang terhubung dengan Anda.

Firewall / proksi melihat koneksi antara komputer Anda dan VPN Anda tetapi, karena koneksi ini dienkripsi, ia tidak dapat membaca informasi yang Anda tukar. Oleh karena itu, selama Anda tetap terhubung ke server VPN, Anda tidak diblokir oleh firewall / proxy, dan Anda bebas untuk mengakses apa yang Anda inginkan di internet.

Cara terhubung ke VPN
Anda dapat terhubung ke VPN dengan beberapa cara yang mungkin, tetapi ide umumnya adalah Anda harus mengesahkan identitas Anda. Cara termudah untuk membuat koneksi aman ini adalah dengan masuk langsung ke server VPN dengan nama pengguna dan kata sandi. Jika Anda ingin terhubung ke VPN di Windows , menggunakan metode khusus ini, kami sarankan Anda membaca salah satu tutorial berikut:

Jika Anda ingin membuat dan terhubung ke VPN di ponsel pintar Android Anda, kami membahas semua langkah, dalam panduan ini: Cara membuat, mengonfigurasi, dan menggunakan koneksi VPN di Android .

Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad dan ingin membuat koneksi VPN di perangkat iOS Anda, Anda dapat membaca panduan kami: Cara membuat, mengonfigurasi, dan menggunakan koneksi VPN di iPhone (atau iPad).

CATATAN: Anda juga dapat menginstal perangkat lunak tertentu yang memungkinkan Anda membuat terowongan VPN yang aman. Aplikasi VPN itu menangani enkripsi dan dekripsi data. Sama halnya dengan metode di atas, biasanya diperlukan nama pengguna dan kata sandi untuk mengonfirmasi identitas Anda. Namun, Anda masih dapat memilih apakah Anda lebih suka menggunakan bentuk otentikasi lain, seperti token atau kartu pintar. Keuntungan menggunakan token adalah kenyataan bahwa itu sulit untuk diretas dan, oleh karena itu, hampir tidak mungkin bagi siapa pun untuk mencuri kata sandi Anda. Juga, setiap token unik, yang berarti bahwa server VPN dapat langsung mengenali penggunanya.

Keuntungan menggunakan VPN


Berikut adalah daftar yang merangkum semua informasi di atas, dalam upaya untuk menunjukkan kepada Anda manfaat menggunakan Jaringan Pribadi Virtual:


  • Semua lalu lintas antara Anda dan layanan VPN yang Anda gunakan dienkripsi, sehingga tidak mungkin bagi orang lain selain penyedia VPN Anda untuk melihat apa yang Anda lakukan di internet
  • Selama Anda terhubung ke VPN, Anda memiliki akses ke seluruh internet tanpa sensor yang dapat memengaruhi Anda sebaliknya
  • Anda dapat mengakses layanan dan situs web yang dibatasi secara geografis jika Anda menggunakan server VPN yang terletak di wilayah tempat layanan atau situs web tersebut tersedia
  • Server yang Anda hubungkan ke internet tidak dapat melihat alamat IP asli Anda, hanya dari server VPN
  • Anda dapat menjelajahi web, memeriksa email Anda atau mengirim informasi penting di jaringan publik tanpa risiko orang lain memata-matai Anda, selain dari penyedia VPN Anda


Apa layanan VPN terbaik?


Kami telah menguji beberapa layanan VPN, untuk mencoba dan mencari tahu mana VPN yang terbaik, paling aman, dan tercepat. Yang paling kami sukai adalah CyberGhost, NordVPN, dan F-Secure Freedome VPN. Untuk detail lebih lanjut, periksa ulasan kami:

Tinjau CyberGhost: Salah satu VPN terbaik yang dapat dibeli dengan uang
Keamanan untuk semua orang - Meninjau NordVPN
Keamanan untuk semua orang - Meninjau F-Secure Freedome VPN

Bagaimana Anda menggunakan VPN?


VPN (Virtual Private Networks) telah menjadi kebutuhan di era pelacakan online, terutama jika Anda ingin melindungi privasi Anda dan mengamankan koneksi Anda. VPN membuat terowongan pribadi, koneksi tertutup yang tidak dapat didekripsi oleh agen lain, seperti penyedia layanan internet Anda (ISP) atau pemerintah, misalnya. Itu berarti bahwa informasi yang Anda kirim tidak dapat dengan mudah dicegat.

Kami harap artikel ini membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya. Sebelum menutup artikel ini, beri tahu kami apakah Anda menggunakan VPN, bagaimana, dan mengapa. Komentar di bawah dan mari kita berdebat.