Cara Melihat Aplikasi Yang Bisa Akses Microphone di iPhone & iPad - ANGOPS

Cara Melihat Aplikasi Yang Bisa Akses Microphone di iPhone & iPad

cara-lihat-akses-microphone-aplikasi-di-iphone


Ingin tahu aplikasi apa saja yang memiliki akses ke mikrofon iPhone atau iPad mu? Dan ingin mengontrol dan mengelola aplikasi mana yang bisa menggunakan mikrofon di perangkat mu? 

Saat ini Apple telah menambahkan fitur keamanan tambahan ke iOS yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol aplikasi mana saja yang dapat memiliki akses ke mikrofon.

Ini merupakan fitur yang sangat bagus menurut Angops untuk meningkatkan privasi dan keamanan kamu, dan untuk melihat aplikasi apa yang menggunakan mikrofon di iPhone atau iPad milikmu. 

Dengan fitur ini, kamu dapat melihat daftar aplikasi yang mengakses mikrofon dan sekaligus bisa mengntrolnya. Menetapkan aplikasi mana yang kamu izinkan untuk mengakses mikrofon, dan mematikan aksesnya jika perlu.

Kontrol akses mikrofon ini tersimpan dalam pengaturan Privasi iOS, dan kontrol yang sama juga menyertakan daftar aplikasi lengkap dengan akses input audio.

Baca juga:

Cara Mengontrol Aplikasi Yang Memiliki Akses Mikrofon di iPhone dan iPad


Untuk melihat dan mengontrol aplikasi mana yang bisa mengakses mikrofon iPhone kamu, maka bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka Setting / Pengaturan dan buka "Privasi"
  2. Pilih "Mikrofon" untuk mendapatkan daftar semua aplikasi yang meminta akses ke mikrofon, dan untuk mengontrol aplikasi mana yang memiliki akses ke mikrofon
  3. Geser tombol on/off untuk menghidupkan dan mematikan akses mikrofon suatu aplikasi, biasanya tombol ini ada disebelah kanan nama aplikasi


aplikasi-yang-akses-microphone-di-iphone

Kamu akan menemukan daftar lengkap aplikasi yang meminta akses, dan apakah mereka memiliki akses mikrofon ditentukan oleh tombol ON / OFF. Jika tombol dalam posisi ON maka aplikasi tersebut memiliki akses ke mikrofon perangkat kamu.

Aplikasi pemutar musik dan video seperti Youtube, Skype, Snapchat, Whatsapp mungkin merupakan beberapa aplikasi yang memang membutuhkan akses mikrofon. Dan jika tidak maka fungsi aplikasi tidak akan berjalan dengan baik.

Tentu tidak semua aplikasi membutuhkan akses ke mikrofon perangkat iPhone, sehingga kamu bisa memilih dan menentukan aplikasi yang bisa akses dan menggunakan mikrofon demi menjaga privasimu.

Sebaiknya kamu sering mengecek daftar aplikasi mana yang bisa mengakses mikrofon di perangkat iPhone mu, ini untuk menjaga privasi dan keamananmu.

Bahkan tedapat opsi lebih lanjut untuk mengunci penggunaan mikrofon dengan dengan Restrictions and Parental Controls / Pembatasan dan Kontrol Orang Tua. Dengan fitur ini kamu bisa mengatur preferensi dan mencegah siapapun untuk melakukan perubahan control ke mikrofon. 

Sehingga orang lain tidak bisa menghidupkan akses aplikasi ke mikrofon di iPhone mu. Tentu untuk akses telephone tetap harus dihidupkan agar kamu bisa menerima panggilan ataupun menelpon orang lain.

Setiap aplikasi yang membutuhkan akses ke microphone biasanya selalu minta izin untuk mengaksesnya dan ada pesan “Nama Aplikasi would like to access the microphone” dengan dua pilihan: “Don’t Allow” dan OK”.

Kecuali jika kamu telah melakukan pengaturan Privacy dan keamanan untuk mencegah siapapun untuk mengakses mikrofon di Phone maupun di iPad.

Nah itulah cara melihat aplikasi mana yang memiliki akses ke mikrofon iPhone mu, kamu juga bisa melihat aplikasi mana yang bisa akses foto menggunakan cari diatas.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda