Cara Menonaktifkan Akses Lokasi di Aplikasi Android - ANGOPS

Cara Menonaktifkan Akses Lokasi di Aplikasi Android

cara-menghentikan-aplikasi-android-mengakses-lokasi


Bagaimana cara menghentikan akses lokasi yang diminta suatu aplikasi di perangkat Android?

Membatasi akses lokasi untuk aplikasi tertentu memang perlu dilakukan untuk menjaga privasi kita sebagai pemilik dan pengguna perangkat seluler. Karena tidak menutup kemungkinan informasi lokasi terkini kita sebagai pengguna HP Android bisa diambil secara sepihak oleh aplikasi tertentu untuk tujuan lain.

Kecuali untuk aplikasi navigasi seperti Maps, ini tentu harus diberi ijin akses lokasi terkini perangkat agar tingkat akurasi penunjuk lokasinya tepat. Untuk mengaktifkan lokasi atau menonaktifkan ases lokasi di Android bisa Anda pelajari seperti di bawah ini.

Cara stop semua aplikasi Android mengakses lokasi Anda


Ikuti langkah-langkah sederhana seperti di bawah ini untuk menghentikan aplikasi yang tidak Anda inginkan mengakses lokasi perangkat Android Anda.

cara-aktifkan-gps-android


  1. Pada ponsel Android Anda, pergi ke Setting / Pengaturan.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih Locations tepat di bawah menu Privacy.
  3. Pada Location Anda akan melihat daftar aplikasi yang meminta akses lokasi perangkat Android.
  4. Tap tombol disamping Use location menjadi OFF untuk matikan akses lokasi di Android Anda. Ini akan menghentikan semua aplikasi di perangkat Android melacak lokasi terbaru Anda.
  5. Mematikan akses lokasi dengan metode ini akan menurunkan kualitas layanan beberapa aplikasi khususnya aplikasi yang menggunakan navigasi seperti Maps, Device Manager Android, Go-Jek, dan Grab.


Solusinya Anda hanya perlu membatasi akses lokasi pada beberapa aplikasi saja agar aplikasi yang membutuhkan navigasi seperti Go-Jek dan Grab tetap bisa berjalan dengan baik. Lihat caranya seperti di bawah ini.

Cara nonaktifkan akses lokasi pada aplikasi tertentu di Android


Anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk membatasi akses lokasi pada aplikasi tertentu di perangkat Android Anda.

cara-aktifkan-lokasi-di-android


  1. Di HP Android Anda, masuk ke Setting.
  2. Kemudian cari dan pilih Permission manager > Location.
  3. Anda akan melihat daftar aplikasi yang meminta akses lokasi diperangkat Android Anda.
  4. Pilih dan tap aplikasi yang ingin Anda matikan akses lokasinya.
  5. Selesai.


Nah, itulah bagaimana cara menghentikan akses lokasi pada aplikasi yang tidak membutuhkan navigasi lokasi diperangkat Android Anda. Dengan cara ini privasi Anda akan lebih terjaga dan aman.

Selamat mencoba.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda