Mengapa Koneksi Internet Saya Lambat?



Ada berbagai alasan mengapa koneksi internet lambat. Dalam artikel ini Angops memberikan beberapa daftar singkat yang dapat menyebabkan koneksi Internet Anda melambat atau lemot.




Yang perlu diketahui adalah tidak ada program ajaib yang bisa meningkatkan kecepatan internet secara keseluruhan, dengan mengetahui berbagai penyebab internet menjadi lambat Anda bisa segera mengatasi masalah yang sedang Anda alami.


1. Koneksi internet lambat


Salah satu penyebab internet lambat adalah koneksi yang Anda gunakan, koneksi broadband jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi dial-up atau modem. Bila menggunakan koneksi dial-up seberapa canggih dan cepat komputer yang Anda gunakan biasanya kecepatan internet tetap lambat.

Tapi saat ini hampir semua penyedia layanan internet telah mendukung koneksi broadband. Lihat definisi broadband untuk informasi tambahan tentang istilah ini.


2. Situs yang dikunjungi lambat


Setiap situs web memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda, situs dengan konten video dan gambar seperti halnya YouTube dan Instagram akan lebih lambar jika dibanding dengan situs yang berbasis teks seperti Wikipedia dan Angops ini. Coba akses situs lain dengan browser Anda, jika lancar dan cepat maka masalah bukan pada komputer atau koneksi internet yang Anda gunakan, melainkan ada pada situs yang bersangkutan.


3. Download sambil streaming atau browsing


Melakukan download dan browsing secara bersamaan juga terbukti dapat mengurangi kecepatan internet Anda. Sebaiknya lakukan hal yang paling prioritas terlebih dulu, melakukan download atau berseluncur di internet. Kecuali Anda memiliki koneksi internet dengan tingkat kecepatan tinggi seperti di sebuah perusahaan atau di instansi pemerintah yang kecepatannya bisa mencapai puluhan Mbps sampai ratusan Mbps.


4. Koneksi internet digunakan oleh banyak perangkat / device


Jika dalam satu jaringan menggunakan internet secara bersamaan maka bandwidth internet juga dibagi sesuai penggunaan. Misal Anda memiliki koneksi internet dengan kecepatan 10 Mbps dan digunakan oleh lima device, maka kecepatan 10 Mbps tersebut juga dibagi rata dengan ke lima perangkat yang mengakses internet ditempat Anda.


5. Waktu atau hari mengakses internet


Hari atau waktu juga bisa mempengaruhi kecepatan Internet, serta koneksi Anda. Saat banyak orang yang sedang online, koneksi Internet dan server menjadi overload atau kelebihan beban dan menyebabkan respon dikomputer Anda juga lambat.

Bila tetangga Anda berlangganan internet ke satu ISP yang sama, maka Anda berbagi jaringan kabel individual dengan tetangga Anda. Dan saat semua tetangga sedang online diwaktu yang sama tentu koneksi internet bisa melambat.

Misalnya saat hari libur kerja atau sekolah dan akhir pekan sering kali internet menjadi lebih lambat.


6. Komputer lambat atau bermasalah


Internet bisa terasa lambat jika Anda menggunakan komputer yang lambat, atau Anda melakukan banyak tugas dengan komputer dalam satu waktu sekaligus (multitasking). Coba gunakan perangkat lain seperti smartphone Anda untuk mengakses internet, jika lancar maka masalah internet jadi lemot ada pada komputer Anda. Lihat tips mengatasi laptop Windows lemot yang pernah Angops bahas sebelumnya.


7. Lokasi server


Letak fisik server juga perlu diperhatikan saat mengakses sebuah situs di internet. Sebuah halaman web yang memiliki server dekat dengan Anda akan lebih cepat responnya jika dibandingkan dengan situs lain yang memiliki server di negara lain yang lebih jauh.


8. Infeksi virus dan malware


Ini merupakan kemungkinan yang sering terjadi saat komputer lemot untuk mengakses internet, yaitu terkena infeksi malware atau virus. Virus dan malware biasanya menyerang file sistem komputer korban sehingga mengganggu kinerja komputer termasuk kecepatan saat mengakses internet.

Gunakan program anti virus seperti AVG atau Eset Internet Security untuk mencegan dan melindungi komputer Anda. Dan untuk anti malware Anda bisa mencoba Malwarebytes untuk mengatasinya.

Lihat daftar antivirus terbaik rekomendasi Angops untuk mengamankan komputer Anda.