10 Software gratis PC yang wajib dimiliki untuk berbagai keperluan - ANGOPS

10 Software gratis PC yang wajib dimiliki untuk berbagai keperluan

Dalam komputer, dibutuhkan berbagai perangkat lunak yang dapat membantu mengerjakan berbagai pekerjaan. Baik untuk menjaga sistem komputer agar tetap aman, ataupun untuk melakukan pekerjaan lain yang diperlukan.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 10 kumpulan software gratis terbaik yang wajib ada di PC ataupun laptop untuk menunjang berbagai pekerjaan Anda.

10 Software gratis yang wajib ada di PC / Laptop


Kumpulan program komputer terbaik dan paling sering dibutuhkan oleh banyak pengguna komputer untuk menunjang berbagai pekerjaan dan kebutuhan.

Antivirus dan Malware

antivirus-dan-antimalware


Keamanan menjadi sangat penting ketika Anda menggunakan komputer dan terhubung ke internet. Jika ini tidak diperhatikan mungkin suatu saat Anda akan kehilangan data penting, atau sistem komputer rusak karena serangan virus dan malware.

Untuk menjaga keamanan PC Anda, menginstall antivirus berbayar adalah solusi yang bagus. Tapi jika Anda tidak  memiliki versi yang berbayar, ada anti virus gratis dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan yang berbayar.

Antivirus gratis terbaik dari: Microsoft Defender
Anti malware dan spyware gratis dari: Malwarebytes.

Aplikasi Backup Data


google-drive-vs-dropbox

Banyak tersedia aplikasi backup data diluar sana, baik yang gratis ataupun berbayar. Namun, banyak dari pencadangan tersebut disimpan secara lokal di komputer, artinya jika rumah Anda terbakar, dirampok, atau jika Anda kehilangan hardisk tempat backup data, maka semua data akan hilang. Untuk menghindari hilangnya data penting, menggunakan layanan backup online adalah solusinya.

Tempat penyimpanan online terbaik dan gratis untuk backup data Anda diantaranya: Mozy, Google Drive, atau Dropbox.

Browser


browser-internet

Browser Internet Explorer atau Edge pada umumnya sudah terinstal pada komputer Windows, tapi ada berbagai browser internet lain yang jauh lebih baik performanya, dari segi keamanan juga lebih kuat, memiliki banyak opsi pengaturan dan kelebihan lainnya.

Browser Internet: Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera mini.

Software kompresi


aplikasi-kompresi-file

Saat mengunduh file dari Internet, Anda akan menemukan berbagai jenis file .zip, .rar, atau file terkompresi lainnya. File yang terkompresi tersebut hanya bisa dibuka dengan software kompresi, yaitu dengan meng-ekstrak file, sehingga file bisa dibuka atau dijalankan.

Aplikasi kompres file: WinRar atau 7-Zip.

Disc ripper dan software pembakar CD / DVD


software-cdburnerxp

Software pembakar CD / DVD dapat digunakan untuk membuat DVD / CD audio video, menyimpan data atau file, dan bisa juga untuk menyalin file dari CD ke komputer. Selain itu, Anda juga bisa membuat CD atau DVD installer menggunakan file .ISO, dibawah ini aplikasi pembakar CD/DVD gratis yang bisa Anda gunakan.

Software pembakar CD gratis: CDBurnerXP.

Email atau Surel


Gmail-vs-yahoo-mail

E-mail adalah layanan perpesanan online yang dapat dilakukan secara bebas. Sebagian besar pengguna saat ini menggunakan e-mail online yang tersedia secara gratis. Namun, jika Anda masih menggunakan email klien seperti Microsoft Outlook, rekomendasi terbaik adalah layanan email dibawah ini.

Klien surel: Mozilla Thunderbird.

Email online: Gmail atau Yahoo mail.

Utilitas FTP, SFTP, dan SSH


software-putty

FTP dan SSH merupakan protokol yang bisa digunakan untuk mengunggah atau mengunduh file ke server web, atau bisa juga untuk transfer data dan informasi, serta lainnya. Diantara software untuk mengakses FTP ini seperti di bawah ini.

FTP client: Filezilla.

SSH client: MobaXterm dan Putty.

Aplikasi pengolah gambar


software-editor-gambar

Ada banyak solusi gratis yang baik untuk mengedit, membuat, dan mengatur gambar di komputer. Di bawah ini merupakan pengolah gambar gratis dengan kualitas dan memiliki berbagai fitur menarik seperti resize image, seleksi gambar, menambah teks di gambar, dan fitur lainnya.

Editor gambar: GIMP.

Pengolah gambar: Paint.net.

Organizer gambar: Foto Google.

Multimedia


vlc-media-player

Ada banyak program multimedia dengan berbagai kelebihan dan keterbatasan tersedia di internet. Di bawah ini adalah software multimedia gratis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menonton video dan merekam audio di komputer.

Alat penyunting dan pembuat audio: Audacity.

Pemutar Video dan DVD: VLC dan MPC-HC.

Office Suite


libreoffice

Microsoft Office adalah pengolah dokumen yang bagus, dan menjadi standar di beberapa industri. Namun, software pengolah dokumen dari Microsoft ini berbayar, dan jika Anda tidak mempunyai lisensinya ada opsi pengolah dokumen gratis yang menawarkan kemampuan yang hampir sama, dan kompatibel dengan dokumen Office.

Office suite: LibreOffice.

Software untuk edit teks dan kode sumber


notepad++

Komputer Windows telah dilengkapi dengan editor teks sederhana, yaitu Notepad. Tapi, fungsinya juga sangat standar dan hanya mampu melakukan pengeditan teks dasar.

Sedangkan untuk mengedit file teks tingkat lanjut, termasuk mengedit kode sumber seperti kode HTML, CSS, PHP, dan bahasa pemrograman lainnya tidak bisa maksimal. Untuk itu, Anda bisa mencoba Notepad ++ yang menawarkan berbagai fitur canggih dan mampu untuk mengedit berbagai bahasa pemrograman.

Editor teks dan kode sumber: Notepad ++.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda