Cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi - ANGOPS

Cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi

cara menyembunyikan aplikasi di xiaomi, hidden aplikasi, hide app, sembunyikan aplikasi


Ponsel Xiaomi dengan MIUI 10 telah dilengkapi dengan fitur yang ditunggu oleh banyak pengguna, yaitu fitur untuk menyembunyikan aplikasi atau hidden aplikasi dengan nama App Lock.

Penambahan fitur tersebut terbukti menjadi salah satu alasan meroketnya popularitas Xiaomi di berbagai negara. Karena banyak pengguna ponsel yang merasa perlu menyembunyikan aplikasi penting seperti app perbankan, dan data penting lainnya.

Jika Anda pengguna Xiaomi dan ingin menyembunyikan beberapa aplikasi penting di HP Xiaomi Anda, sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya, berikut adalah prosedur tentang cara menyembunyikan aplikasi di Android Xiaomi.


Cara sembunyikan aplikasi di Xiaomi


Bagaimana cara hide app di HP Xiaomi?

Fitur App Lock telah ada di perangkat Xiaomi sejak MIUI 10, dan ini sudah cukup lama ada. Di panduan ini Angops menggunakan ponsel seri Redmi, dan menyembunyikan aplikasi dari perangkat ini sangat mudah untuk dilakukan. 

Berikut adalah prosedur langkah demi langkah yang dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi di ponsel Redmi Anda.

  1. Buka ponsel Xiaomi Anda dan masuk ke Settings / pengaturan perangkat.
  2. Di bawah Settings, cari Apps dan buka opsi (ketuk anak panah).
  3. Selanjutnya pilih App Lock.
  4. Di bagian App Lock Anda akan menemukan opsi Hidden apps, ketuk untuk membukanya.
  5. Setelah memilih Hidden apps, selanjutnya Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di ponsel Anda.
  6. Pilih atau ketuk aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  7. Kini Anda telah berhasil menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi, sehingga hanya Anda yang bisa mengaksesnya

Jika Anda belum mengatur kunci aplikasi (lock app), maka perangkat Xiaomi akan meminta Anda untuk mengatur layanan kunci aplikasi. Pengaturan kata sandi ini diperlukan untuk menyembunyikan Aplikasi di ponsel Xiaomi.


Perangkat mana yang mendukung fitur hidden aplikasi yang disebutkan di atas?


Langkah-langkah di atas telah dicoba dan diuji pada Poco F1 oleh Xiaomi dan bekerja pada perangkat Xiaomi dan Redmi lainnya.

Prosedur yang disebutkan di atas hanya berlaku untuk produk di bawah merek Xiaomi dan Redmi. Dan tidak bekerja di ponsel merek lain.


Apakah proses sembunyikan app di atas berfungsi pada Android One - Xiaomi?


Fitur hide app ini bekerja pada perangkat Xiaomi dan Redmi, dan tidak akan berfungsi pada proyek Android One smartphone yang dikembangkan Xiaomi. 

Sehingga, pengguna ponsel Xiaomi seri Mi A1, Mi A2, dan Mi A3 tidak akan dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, dan tidak bisa menyembunyikan aplikasi dari perangkat mereka. 

Baca juga : Cara menyembunyikan aplikasi di Android One


Apakah fitur hide app ada di smartphone lain?


Banyak produsen smartphone terkemuka seperti Samsung dan lainnya membekali produk mereka dengan fitur ini, seperti pada ponsel Redmi. 

Setiap produsen memiliki proses dan metode yang berbeda untuk fitur App lock. Sistem Android secara keseluruhan juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Android yang tidak digunakan dari widget aplikasi.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Cara sembunyikan aplikasi di HP Samsung Android


Cara membuka aplikasi yang disembunyikan di Xiaomi


Setelah menyembunyikan aplikasi dari app tray, Anda tidak akan dapat menemukan ikon aplikasi tersebut di mana pun di widget aplikasi.

Tenang, aplikasi Anda tidak terhapus melainkan disembunyikan. Untuk menemukan aplikasi yang sudah Anda sembunyikan tersebut maka Anda harus masuk ke fitur App Lock kembali, dan matikan tombol disamping aplikasi ke posisi Off untuk memunculkannya.
Sekarang aplikasi yang tadinya disembunyikan akan terlihat lagi di widget aplikasi atau app tray pada perangkat Xiaomi Anda.

Fitur di atas sangat bermanfaat untuk menjaga privasi Anda dari orang iseng atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Cara menyembunyikan aplikasi di Oppo
Cara menyembunyikan aplikasi di Android apapun

Share this article

Silakan tulis komentar Anda