Cara Mengecek Kapasitas Storage Gmail, Drive, dan Photos - ANGOPS

Cara Mengecek Kapasitas Storage Gmail, Drive, dan Photos

Pada panduan ini Anda akan belajar bagaimana cara mengecek ukuran  penyimpanan yang masih tersedia pada akun Gmail, Google Drive, dan Google Photos, langkah demi langkah secara mudah.

Google menyediakan penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang bisa digunakan untuk berbagai jenis layanan yang diberikan, seperti Google Drive, Gmail, Google Photos, dan layanan lainnya. Untuk itu Anda perlu tahu cara mengecek kapasitas penyimpanan yang masih tersisa agar layanan Google tetap bekerja dengan baik.

Jika batas penyimpanan yang diberikan Google sudah penuh, maka Gmail Anda akan terkena limit sehingga tidak bisa menerima e-mail ataupun mengirim email. Anda juga tidak bisa menyimpan data atau file apapun di Google Drive dan tidak bisa menyimpan foto di Google Photos.

Check Storage Google Drive, Google Photos, Gmail

cara cek storage gmail, check storage gmail

Untuk mengecek kapasitas penyimpanan akun Google yang telah terpakai dan yang belum digunakan, bisa melalui Gmail, Google Drive, dan Google Photos. Di Gmail, status penggunaan penyimpanan akun Google Anda ada di bagian bawah email.

Jika Anda memeriksa kapasitas penyimpanan yang telah digunakan pada Google Drive, letaknya di panel menu sebelah kiri paling bawah. Sedangkan status penyimpanan akun Google di aplikasi Photos juga ada di panel menu sebelah kiri bagian bawah sama seperti pada Drive.

Secara lengkapnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek ruang penyimpanan akun Google Anda.

Cara melihat status penyimpanan Google lewat Gmail

  1. Buka browser di komputer dan masuk ke akun Gmail Anda.
  2. Setelah dihalaman utama dasboard Gmail, sekrol ke bawah untuk melihat kapasitas penyimpanan Google yang tersedia.
  3. Status penyimpanan tepat berada di bawah daftar e-mail yang masuk ke Gmail Anda.
Untuk lebih detail layanan mana yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan Google Anda, klik Manage. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Google One untuk melihat detai penggunaan dan sisa kapasitas penyimpanan akun Google Anda.

Cara Mengecek storage di Google Drive

  1. Masuk ke akun Google Drive melalui browser komputer Anda.
  2. Setelah ada di dasboard Google Drive, status penyimpanan ada di panel menu sebelah kiri paling bawah.
Sedangkan untuk memeriksa kapasitas penyimpanan Google Drive yang telah digunakan lewat aplikasi Drive di perangkat Android bisa Anda lihat caranya seperti berikut.
  1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel Android Anda.
  2. Tap atau ketuk ikon menu tiga strip di sudut kiri atas.
  3. Selanjutnya status storage Google Drive Anda akan terlihat di posisi paling bawah.

Cek kapasitas penyimpanan akun Google Photos

  1. Buka Google Photos Anda menggunakan browser.
  2. Setelah masuk ke dasboard Photos, Anda bisa melihat status penyimpanan Google yang ada di bagian paling bawah panel menu sebelah kiri.
Semua cara di atas bisa Anda pilih untuk mengecek status penyimpanan Gmail, Drive, Photos, dan lainnya. Atau Anda bisa menggunakan tautan langsung ke ### untuk melihat detai penyimpanan akun Google.



Share this article

Silakan tulis komentar Anda