Melengkapi perangkat Android perusahaan dengan aplikasi komunikasi teratas membantu karyawan  agar tetap saling terhubung di mana pun mereka berada. Dengan begitu bisnis dan usaha bisa berjalan dengan baik sesuai harapan.

Google Play Store terus mengembangkan daftar aplikasi yang paling banyak diunduh dalam berbagai kategori, termasuk komunikasi. Dengan menggabungkan data dari berbagai sumber angopscom mencoba mengulas aplikasi komunikasi untuk usaha dan bisnis paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone Android.

Aplikasi Komunikasi Teratas untuk Bisnis dan Usaha di Android
aplikasi-android-untuk-komunikasi-bisnis

Deretan aplikasi dalam daftar ini adalah yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi mengenai usaha dan bisnis yang mereka jalankan. Baik oleh pelaku usaha kecil ataupun pebisnis besar dengan jumlah karyawan ribuan.

1. Skype

Dengan lebih dari 100 juta unduhan dari Google Play Store, Skype menjadi aplikasi komunikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna ponsel Android sejak Maret 2013. Dan masuk dalam daftar 100 aplikasi Android terbaik secara keseluruhan di tahun 2013.

Skype memungkinkan pengguna Android untuk melakukan panggilan video dan suara ke pengguna Skype lainnya. Fitur-fiturnya termasuk lampiran multimedia, pesan instan, dukungan telepon rumah dan kemampuan untuk bekerja pada jaringan Wi-Fi dan seluler. 

Skype memiliki peringkat bintang empat di Google Play Store. Dengan ukuran ringan hanya 15MB dan membutuhkan Android 2.1 atau yang lebih baru, membuat aplikasi ini dapat diinstal dan digunakan bahkan untuk HP low end.

2. Facebook Messenger

Facebook Messenger adalah aplikasi komunikasi kedua yang paling banyak diunduh di Google Play Store. TechNewsWorld menamakannya salah satu dari lima aplikasi komunikasi teratas untuk platform Android. 

Facebook Messenger pada dasarnya adalah klien obrolan yang menggabungkan semua fungsionalitas layanan obrolan berbasis web Facebook ke dalam aplikasi mandiri. Fitur Facebook Messenger termasuk pesan suara, emotikon, foto, pemberitahuan push, percakapan grup dan integrasi pesan SMS.

Facebook Messenger memiliki peringkat bintang 4,5 di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Dan menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan oleh pelaku usaha kecil, pebisnis, dan pekerja kantoran.

3. WhatsApp

WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi ketiga yang paling banyak diunduh di Google Play Store. Berbagai media teknologi menyatakan sebagai salah satu aplikasi komunikasi terbaik untuk Android.

Fitur WhatsApp Messenger meliputi chat pribadi, obrolan grup, integrasi SMS, SMS internasional gratis, lampiran pesan multimedia (video, audio, gambar), pemberitahuan yang dapat disesuaikan, wallpaper, perpesanan offline dan alat integrasi buku alamat yang berguna di mana Anda dapat mengimpor kontak ke daftar kontak WhatsApp Messenger. 

Aplikasi ini memiliki rating bintang 4,5 di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Selain versi gratis, tersedia juga WhatsApp bisnis yang dapat digunakan untuk kebutuhan usaha Anda dengan berbagai fitur yang lebih lengkap.

4. Telegram

Telegram juga menjadi salah satu aplikasi komunikasi para pebisnis, dinyatakan lebih aman dibandingkan aplikasi chating lain karena memiliki tingkat enkripsi pesan yang kuat dan handal. Bahkan sering digunakan untuk group bisnis karena dapat menampung lebih banyak anggota group sampai 200.000 orang, sangat jauh bila dibandingkan dengan WhatsApp.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur Channel yang dapat digunakan untuk menyiarkan informasi ke banyak orang sekaligus. Telegram ini juga menjadi salah satu aplikasi bisnis untuk komunikasi dengan rating yang bagus karena kemudahan dan kecanggihannya.

Dari ke empat aplikasi komunikasi Android di atas, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semuanya juga sering digunakan oleh pemilik usaha kecil atau pebisnis sekala besar untuk berkomunikasi dan menjalankan usahanya.

Baca juga: