16/03/19

Cara Screenshot Di Laptop Asus: 4 Tips Capture Layar PC

cara-screenshot-di-laptop-asus-angopscom

Melakukan screenshot atau menangkap tampilan layar laptop memang sering dilakukan, namun tidak sedikit orang yang tidak mengetahui cara melakukannya.

Di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa cara melakukan SS atau screenshot pada laptop asus, namun beberapa trik ini bisa dilakukan di laptop merek lain yang menggunakan sistem windows.

4 Cara Screenshot Laptop Asus 


1. Cara Capture di laptop dengan kombinasi keyboard: PrtScn (Layar Cetak) atau CTRL + PrtScn


Metode pertama juga paling dikenal dan bekerja di semua versi Windows: pada keyboard Anda, tekan tombol PrtScn (Print Screen) atau tombol CTRL + PrtScn. Windows membuat tangkapan layar seluruh layar dan menyimpannya ke clipboard. Itu tidak disimpan sebagai file di hard drive Anda. Kemudian, buka program pengeditan gambar seperti Paint dan rekatkan gambar dari clipboard. Kemudian, Anda dapat menyimpannya sebagai file dan bahkan melakukan beberapa pengeditan dasar.

2. Cara Screen shot di laptop dengan kombinasi keyboard: Windows + PrtScn


Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari seluruh layar dan menyimpannya sebagai file di hard drive, tanpa menggunakan alat lain, kemudian tekan Windows + PrtScn pada keyboard Anda. Windows menyimpan tangkapan layar di perpustakaan Pictures, di folder Screenshot. File tersebut dinamai “Screeenshot (number) .png,” di mana angkanya akan bervariasi berdasarkan berapa banyak tangkapan layar yang telah Anda ambil.

Di Windows 10, Anda juga dapat menemukan tangkapan layar jika menggunakan aplikasi Foto, dengan membuka "Folder -> Gambar -> Layar."

3. Cara SS di Laptop dengan kombinasi keyboard: Alt + PrtScn


Di Windows, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif. Buka jendela yang ingin Anda ambil dan tekan Alt + PrtScn pada keyboard Anda. Tangkapan layar disimpan ke clipboard. Buka Paint atau perangkat lunak pengedit foto lainnya dan rekatkan gambar tersebut sehingga Anda dapat mengeditnya dan menyimpannya di komputer atau perangkat Windows Anda.

Jika Anda memiliki laptop, tablet, atau keyboard dengan tombol Fn, lakukan ini alih-alih tiga metode pertama:

Tiga metode pertama harus bekerja dengan baik pada komputer desktop dengan Windows atau pada perangkat Windows dengan keyboard standar. Namun, jika Anda memiliki laptop atau perangkat konversi dengan kunci Fn, maka kunci PrtScn juga akan melakukan hal-hal lain, bukan hanya mengambil tangkapan layar. Karena itu, ketika Anda menekan tombol PrtScn, itu tidak akan mengambil tangkapan layar. Sebagai gantinya, gunakan salah satu pintasan keyboard berikut:

Fn + PrtScn - membuat tangkapan layar dari seluruh layar dan menyalinnya ke clipboard. Ini sama dengan menekan tombol PrtScn standar.

Fn + Windows + PrtScn - mengambil tangkapan layar seluruh layar dan menyimpannya sebagai file di hard drive, tanpa menggunakan alat lain. Windows menyimpan tangkapan layar di perpustakaan Pictures, di folder Screenshot. Ini sama dengan menekan Windows + PrtScn pada keyboard standar.

Fn + Alt + PrtScn - mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif. Ini sama dengan menekan Alt + PrtScn pada keyboard standar.

Pada beberapa keyboard, tombol PrtScn mungkin tidak melakukan dua tindakan atau lebih. Namun, itu tidak akan berfungsi sampai Anda menekan tombol kunci Fn. Pada keyboard semacam itu, tombol Fn berfungsi sebagai kunci untuk fungsi dan tombol multimedia di atas, termasuk tombol Print Screen.

Jika Anda memiliki keyboard seperti itu, tekan tombol Fn untuk membuka kunci baris atas tombol dan kemudian gunakan pintasan yang kami jelaskan di tiga bagian pertama artikel ini. Mereka seharusnya bekerja sekarang.

Jika Anda memiliki tablet Surface atau Surface Pro dari Microsoft dengan Windows 10, Anda harus menggunakan pintasan keyboard yang sama sekali berbeda, karena tidak ada tombol PrtScn pada Tipe Sampul. Sebagai gantinya, Microsoft menawarkan pintasan khusus Surface-perangkat berikut untuk Windows 10:

Fn + Spacebar - menyimpan gambar layar Anda saat ini ke clipboard, sehingga Anda dapat menempelkannya ke aplikasi apa pun. Ini sama dengan menekan tombol PrtScn standar.

Fn + Alt + bilah spasi - menyimpan tangkapan layar dari jendela aktif, ke clipboard, sehingga Anda dapat menempelkannya ke aplikasi apa pun. Ini sama dengan menekan Alt + PrtScn keyboard shortcut.

4. Gunakan pintasan keyboard: Windows + Shift + S (hanya Windows 10)


Jika Anda menggunakan Windows 10, tekan Windows + Shift + S untuk mengambil wilayah layar Anda dan menyalinnya ke clipboard Anda. Setelah Anda menekan Windows + Shift + S, layar redup, dan kursor ditampilkan, yang dapat Anda gunakan untuk menggambar di layar wilayah yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar. Gambarlah area yang ingin Anda tangkap