Tips Baterai Android Agar Awet & Tahan Lama

tips-baterai-android


Tips apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan usia pemakaian baterai Android ponsel Anda? Terdapat banyak saran berbeda jika Anda mencarinya di internet yang bisa menambah masa pakai baterai Android.

Tapi dalam artikel ini, Angops akan memberikan tips yang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan masa baterai HP Android Anda. Biar tidak terlalu panjang, mari bahas langsung.

Tips Terbaik untuk menghemat baterai Android


Kiat-kiat di bawah ini sudah dicoba dan mendapat hasil yang memuaskan untuk meningkatkan keawetan baterai Android. Bisa dipraktikan dengan baik di Android 10 atau versi yang lebih lama.

1. Sesuaikan tingkat kecerahan layar Android


Walaupun cuku sepele dan hampir semua pengguna Android tahu, tapi mengaktifkan "Kecerahan Adaptif" sangat membantu keawetan baterai. Ini akan mengurangi daya yang dikonsumsi layar ponsel Anda, dan tentu kinerja baterai jadi lebih ringan.

Cara mengatur tingkat kecerahan di HP Android cuku buka Settings / Pengaturan > kemudian pilih Display / Tampilan. Sesuaikan tingkat kecerahan layar Android Anda, jangan terlalu rendah karena bisa membuat mata sakit, tapi juga jangan terlalu cerah (30% sampai 40% kecerahan saja).

2. Ununstall aplikasi yang tidak penting


Mencopot aplikasi android yang tidak penting juga bisa meningkatkan umur baterai Android ponsel Anda. Banyak aplikasi yang tidak digunakan tapi tetap berjalan dilatar belakang, ini tentu menguras baterai.

Sebaiknya copot atau uninstall semua aplikasi yang jarang digunakan agar kinerja baterai lebih ringan dan baterai Android Anda tetap awet.

3. Charge baterai ponsel Android dengan benar

cara-meningkatkat-umur-baterai-android


Sering menjadi masalah baterai cepat rusak adalah karena cara isi ulang baterai yang tidak benar. Oleh karena itu, ikuti tips charge baterai HP yang bener seperti berikut.


  • Gunakan adaptor bawaan ponsel, ini berkaitan dengan besar arus dan voltase yang sesuai dengan ponsel Anda.
  • Hindari pengisian baterai yang berlebihan, saat baterai sudah penuh cabut dari adaptor.
  • Jangan menunggu 0% untuk mengisi baterai, biasanya ada notifikasi saat baterai Anda harus segera diisi.


Dengan tips diatas daya tahan dan usia baterai jadi lebih lama serta awet.

4. Gunakan mode penghemat baterai bawaan


Memang banyak aplikasi penghemat baterai pihak ketiga yang bisa Anda gunakan, tapi dengan menggunakan mode penghemat baterai bawaan ponsel ini lebih menghemat ruang memori dan baterai.

Walaupun beberapa fitur dibatasi dalam mode ini, tapi jika Anda fokus dalam meningkatkan keawetan baterai tentu tidak masalah.

5. Matikan wifi, bluetooth, dan paket data


Terkadang banyak orang yang sibuk dan tidak beraktifitas dengan ponselnya, tapi lupa mematikan bluetooth atau internet ponsel. Seperti saat Anda istirahat malam, mematikan paket data atau wifi akan menghentikan aplikasi online berhenti bekerja.

Ini bisa menghemat baterai, dan istirahat Anda juga bisa lebih tenang tanpa ada gangguan.

Nah, itulah beberapa tips untuk meningkatkan masa pakai baterai Abndroid Anda agar lebih awet dan tahan lama. Mungkin Anda punya tips lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan usia baterai Android? jika mau berbagi silahkan tulis dikolom komentar.

Selamat mencoba.