16 Fitur baru Android 11 yang canggih

fitur-baru-android-11

Android 11 memiliki berbagai fitur baru yang tentunya canggih dan wajib diketahui oleh pengguna, apa saja fitur baru Android 11 tersebut?

Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui 16 fitur terbaru yang ada di sistem Android 11.


Fitur baru Android 11 yang menarik



1. Mode Pesawat tidak memutus Bluetooth


airplane-mode-android-11


Di Android 11 fitur bluetooth akan tetap aktif walaupun Airplane Mode diaktifkan, ini merupakan permintaan banyak pengguna sejak lama.

Fitur baru ini akan sangat bermanfaat saat naik pesawat yang mengharuskan menggunakan Anda mengaktifkan Airplane mode, dan ingin tetap terhubung dengan earphone bluetooth Anda.

2. Kontrol Audio di Quick Settings


audio-control-android-11

Ada juga fitur Audio Controls yang terdapat pada pengaturan cepat (Quick settings area), yang bisa diakses dengan menggeser layar ponsel dari atas ke bawah.

Dengan adanya fitur ini, pengguna sangat mudah melakukan pengaturan musik tanpa terpengaruh oleh berbagai notifikasi yang masuk.

3. Pengaturan Mode Gelap otomatis


Pada versi Android 10, untuk mengaktifkan Dark mode atau Night mode harus dilakukan secara manual. Tapi di versi Android 11 sudah tersedia togle pengaturan Dark mode otomatis yang bisa dibuat jadual setiap matahari terbenam hingga terbit.

4. Pengelompokan notifikasi pesan masuk


Di versi 11 ini, Android memiliki fitur pengelompokan pesan dengan sub-bagian khusus. Sehingga setiap pesan atau email yang masuk akan dikelompokan dibagian tersendiri, ini memudahkan pengguna membedakan pesan yang akan dibuka lebih dulu atau yang paling penting.

5. DisplayCutout


Android 11 mendukung layar lengkung. Namun suatu masalah yang terjadi pada ponsel yang mengusung layar lengkung, yaitu sentuhan yang tidak disengaja.

Oleh karena itu Google ingin memudahkan pengguna dengan fitur DisplayCutout yang bisa mengantisipasi sentuhan tanpa sengaja. Fitur ini juga berguna untuk mencegah tulisan atau tombol tidak bergeser ke tepi.

6. Trigger Bluetooth Audio Codec Selection


audio-codec-android-11

Di Android 11, Google menambahkan fitur ini untuk memudahkan pengguna saat akan mengubah Bluetooth codec (AAC, aptX, aptX HD, SBC, dan LDAC) yang sebelumnya diakses melalui Developer options.

Fitur ini juga memudahkan pengguna melihat codec mana yang didukung oleh perangkat earphone.

7. Dukungan ID Elektronik


Fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan identitas fisik dalam bentuk elektronik, baik Paspor, KTP, dan identitas lainnya secara aman di Android 11.

Sehingga suatu saat diperlukan, Anda tidak perlu menunjukan kartu fisik identitas Anda tapi cukup ID elektronik lewat ponsel.

8. Long Screenshoot


Ponsel dengan sistem Android 11 memungkinkan untuk melakukan tangkapan layar panjang, sehingga Anda bisa screenshoot beberapa layar yang diinginkan.

Setelah melakukan tangkapan layar pertama, akan ada opsi untuk menambah captur lagi sehingga bisa melakukan long screenshoot.

9. Notifikasi pesan Bubbles


Salah satu fitur paling menonjol lainnya di Android 11 adalah Messeging Bubbles, yang bisa digunakan oleh berbagai aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan lainnya.

Messeging bubbles ini akan melayang-layang pada layar ponsel di atas aplikasi lainnya.

10. Opsi untuk menampilkan Refres Rate


Banyak ponsel yang telah mendukung kecepatan refres rate hingga 60 Hz, dan Google melalui Android 11 memudahkan penggemar dan pengembang untuk melihat kecepatan refres rate layar ponsel.

Opsi ini tersembunyi di Developer option.

11. Pin App ke lembar berbagi


Jika Anda sering berbagi file atau gambar dengan aplikasi tertenu, maka aplikasi tersebut bisa di Pin atau disematkan ke lembar berbagi. Fitur ini akan mempermudah dan memperpendek proses berbagi gambar ataupun file yang dilakukan.

12. Reorganisasi menu Do Not Distrub


Menu Do not distrub (Jangan Ganggu) pada Android 11 telah diatur ulang agar mudah digunakan. Ada jadwal, durasi awal, fitur yang disetujui, dan bagian pengecualian.

Di bagian pengecualian selanjutnya (Exeption when Do Not Distrub is on) mengklasifikasikan notifikasi menjadi alarm, aplikasi, dan orang.

13. Screen Recording


screen-recording-android-11

Fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk pengguna yang hobi membuat tutorial di HP Android, Anda tidak perlu lagi mengistal aplikasi perekam layar pihak ketiga.

Dan yang lebih kerem lagi adalah tersedianya opsi bisu untuk notifikasi pesan dan pemberitahuan lainnya jika fitur rekam sedang berjalan.

14. Smart Home Controls & Wallets dibagian Power Menu


Fitur Android 11 yang satu ini memudahkan pengguna mengakses kredit, debit, tiket perjalanan, dan lainnya, dengan menekan tombol power / daya dalam waktu lama akan memunculkan fitur ini.

Pengguna tidak perlu menutup aplikasi yang sedang dibuka untuk menggunakan fitur tersebut. Selain itu, Google juga berupaya membiarkan aplikasi dompet pihak ketiga mengakses fitur ini.

15. Ijin Aplikasi sementara


Privasi pengguna telah menjadi fokus selama pengembangan Android beberapa tahun sebelumnya,  Google telah meningkatkan keamanan privasi pengguna dan perlindungan data.

Pada Android 10, Google memperkenalkan opsi untuk menolak informasi lokasi latar belakang dan membatasi akses ke ID perangkat. Sedangkan untuk Android 11, Google menawarkan Temporary App Permissions atau ijin aplikasi sementara.

16. Togle pengaturan cepat & split notifikasi


Fitur menarik dari Android 11 terakhir merupakan pengaturan tersembunyi yang memungkinkan pemberitahuan agar tidak terpecah saat beralih ke pengaturan cepat.

Menggeser ke bawah dari bagian kiri atas layar menunjukkan notifikasi, dan menggeser ke bawah dari bagian kanan atas layar menunjukkan pengalih pengaturan cepat (Quick settings).