Cara Menggunakan Google Drive Offline di PC Windows - ANGOPS

Cara Menggunakan Google Drive Offline di PC Windows

cara-menggunakan-google-drive-offline-pc


Panduan cara menggunakan Google Drive Offline di PC windows Anda secara mudah dan simpel.

Google Drive memang layanan yang disediakan secara online untuk penyimpanan file dan berkas. Tapi juga bisa digunakan secara offline dengan seditkit pengaturan yang cukup mudah.

Anda tetap bisa mengedit dokumen baik itu word, exel, atau lainnya walau tanpa koneksi internet. Dan Google Drive akan melakukan pembaruan dokumen Anda secara otomatis bila suatu saat terkoneksi dengan internet.

Disamping untuk menyimpan file, Anda juga bisa berbagi file di Google Drive dengan membuat share link untuk mengakses file di Drive Anda.

Pada panduan ini Angops akan memberikan cara menggunakan Google Drive secara offline langkah demi langkah, ikuti dan baca sampai selesai agar lebih jelas.

Cara Menggunakan Google Drive Offline di PC 


Agar Google Drive bisa digunakan secara offline Anda perlu melakukan pengaturan di akun Drive dan proses ini masih membutuhkan koneksi internet. Disini Anda akan belajar mengaktifkan akses offline Google Drive di komputer Windows. Anda juga bisa menggunakan Google Drive offline di Mac & iOS, serta Android.

Catatan :
Cara berikut tidak akan berfungsi jika menggunakan Google Chrome dalam mode penyamaran.

1. Buka  browser Google Chrome.
Catatan :
Pastikan Browser Chrome disetting sebagai browser default di komputer Anda.
cara-setting-chrome-jadi-browser-default


2. Download dan pasang ekstensi Chrome Google Docs Offline.
3. Silahkan masuk ke akun Google Anda jika belum masuk.

4. Dari halaman My Drive / Drive Saya, pilih ikon gear di sudut kanan atas untuk membuka menu Setting / Pengaturan.

5. Pilih General / Umum di panel sebelah kiri, lalu di panel sebelah kanan cari Offline dan ceklis Creat, open and edit recent Google Docs, Sheets anda Slides fileson this device while offline.

cara-menggunakan-google-drive-offline

Catatan :
Setiap kali Anda mengedit file secara offline, akan ada tanda petir di sebelah nama dokumen. Namun jika terkoneksi lagi dengan internet maka semua perubahan akan disinkronkan, dan simbol akan hilang.

Pilih Done / Selesai disebelah kanan atas menu setting.

Sekarang Anda dapat terus bekerja di Google Docs, Google Sheets, atau file Google Slides dalam browser Chrome tanpa koneksi Wi-Fi.

Setiap perubahan yang Anda lakukan akan di-cache secara lokal, dan versi online akan diperbarui saat berikutnya Anda terhubung ke internet.

Catatan :
Cara ini berlaku secara offline di Chrome. Namun Anda juga bisa mengunduh aplikasi Google Drive untuk PC yang bisa digunakan untuk tujuan diatas, bahkan bisa untuk menyimpan backup sistem komputer dan data lainnya secara offline.

Aplikasi Google Drive Offline 


Unduh dan instal versi pribadi gratis Backup dan Sync untuk Google Drive.

Buka Backup dan Sync, lalu masuk dengan Akun Google Anda.

Setelah itu, Anda bisa memilih untuk menyimpan file yang ada di PC ke Google Drive atau jika tidak mau maka ceklis kota di samping setiap folder dan pilih Next.

Anda juga bisa mensinkronkan Google Drive dengan komputer dengan cara Pilih kotak di sebelah Sync My Drive to this computer / Sinkronkan Drive Saya ke komputer ini, lalu pilih Start.

cara-sinkronisasi-google-drive-dengan-pc-windows


Setelah beberapa menit, file Google Drive Anda akan diunduh ke folder bernama Google Drive , dan file apa pun yang Anda tambahkan ke Google Drive akan diunduh secara otomatis ke komputer Anda.

Nah itulah cara menggunakan Google Drive offline di PC Windows yang bisa Angops bagikan. Jangan lupa share artikel ini ke teman dan orang lain agar tamabah manfaatnya.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda